www.resepirit.com |
RESEP IRIT, IBU RUMAH TANGGA AUDITOR SEJATI
Resepirit.com. Hai sobat resepit, kali ini saya akan berbagi cara
bagaimana menjadi seorang auditor sejati. Emmm, rasanya terlalu wow ya sobat
kalau kita simak dengan istilah tersebut. Ya setidaknya langkah ini bisa
diterapkan di semua kalangan, terutama bagi mereka yang tidak pernah mengenyam
bagaimana rasanya duduk di atas kursi sekolah.
Oleh karena itu, resepirit.com akan memberi penjelasan singkat dan
padat yang dapat diaplikasikan oleh ibu-ibu rumah tangga yang berprofesi
sebagai penjaga toko. Tidak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari pun bisa kok
menggunakan cara ini. Misalnya, ibu rumah tangga perlu mengecek persediaan
beras untuk konsumsi keluarga selama sebulan. Pasti ibu itu perlu sekali-kali
memeriksa persediaannya, apakah masih dalam kondisi baik atau dimakan kutu dan
bahkan basah oleh air hujan dari atap yang bocor. Aktivitas semacam inilah yang
sebenarnya cerminan dari jalan menuju pencerahan apa itu AUDITOR.
Ada kabar baik untuk ibu-ibu rumah tangga. Apakah itu? Oleh
resepirit.com mengatakan bahwa kabar baik tersebut adalah jabatan istimewa yang
selama ini tak disadari oleh ibu-ibu rumah tangga, yaitu AUDITOR SEJATI.
Apasih yang menjadi alasan resepirit.com mengataka IBU RUMAH TANGGA
sebagai AUDITOR SEJATI? Yuk, langsung saja kita simak alasan-alasan tersebut.
Pertama kita perlu sadari apa yang menjadi pekerjaan seorang ibu
rumah tangga itu? Di antaranya adalah sebagai berikut:
Seorang ibu rumah tangga dalam kegiatan sehari-harinya melakaukan:
1.
Memeriksa
persediaan bahan pangan keluarga
2.
Memeriksa
kebutuhan untuk mencuci
3.
Memeriksa
persediaan susu dan bubur instan untuk si bayi
4.
Dan
sebagainya
Di lain sisi, tidak hanya memeriksa persediaan saja tapi juga
bermula dari PENYEDIAAN persediaan, MENGGUNAKANNYA ATAU MENGOLAHNYA,
dan MEMERIKSA KONDISI persediaannya, dan juga mengetahui SISA AKHIR
persediaan tersebut.
m |
Serangkaian itulah merupakan rangkaian kegiatan seorang auditor
sejati. Hanya saja terdapat perbedaannya yaitu terletak pada pencatatannya. Jarang
sekali seorang ibu rumah tangga melakukan pencatatan semacam itu. Tak jauh dari
istilah pepatah “Sejalan dengan air mengalir”. Itulah dia kekurangannya. Padahal jika dilakukan, bisa loh untuk MENGENDALIKAN DAN MENGONTROL
PENGELUARAN BIAYA RUMAH TANGGA.
Kesadaran semacam itulah yang perlu ditumbuh kembangkan. Sungguh teramat sayang jika hancurnya rumah tangga hanya karena faktor ekonomi. Apalagi pendapatan pas-pasan tapi managemen keuangan rumah tangga berantakan.
Jadi, berdasarkan pengamatan resepirit.com, hal semacam itu sering terjadi dan menjangkit banyak kehidupan berumah tangga. Tapi sobat resepit jangan menilai sebelah mata tentang hal ini, karena bisa jadi sobat resepit juga adalah korban dari kesalahan managemen keuangan. Jangan salah. Anak kost dan mahasiswa/i juga bisa kena loh dengan kondisi ini.
Yang pasti, hal ini bisa menjangkit semua kalangan dalam berbagai bidang kehidupan. Intinya, managemen keuangan itu harus diatur dan dijaga sedemikian rupa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya setidaknya meminimalisir resiko KANKER (KANtong KERing).
Lalu bagaimana solusinya untuk menghadapi ini? Berikut adalah bagian kecil dari tindakan AUDITOR SEJATI
Tenang sobat resepit. Resepirit.com tidak akan pelit berbagi soal ini. Simak yuk berikut ini:
1. Miliki Catatan Pengeluaran
Sobat resepit, perlu loh kita membuat catatan pengeluaran kita. Mulai dari kita bangun tidur hingga hendak tidur kembali. Dalam aktivitas sehari-hari, kita pasti membutuhkan uang untuk sebuah aktivitas tertentu. Baik itu aktivitas makan, minum, transport, dan bahkan parkir dan tarif toilet. Dengan adanya pencatatan tersebut, kita akan tau bagian mana yang banyak melakukan pengeluaran. Sehingga bisa ditekan dan diatur penegeluaran tersebut. Yang perlu ditekankan adalah meski kita bukan karyawan, tak ada salahnya kita memiliki catatan ini. PERUSAHAAN ORANG SAJA KITA BUATKAN CATATANNYA SUPAYA TERKONTROL DAN TIDAK RUGI, MASA RUMAH TANGGA KITA TIDAK KITA PERLAKUKAN DEMIKIAN. Aneh kan? Tapi nyata loh sobat resepir. Hehehe.... :D
2. Miliki Daftar Kebutuhan
Selain point 1 di atas, kita juga tak ada salahnya jika membuat daftar kebutuhan kita. Baik untuk jangka waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Hal ini akan sangat mendukung kita dalam menyusun anggaran kita dalam periode tertentu.
3. Miliki Susunan Anggaran
Nah ini dia yang kita tunggu-tunggu. Susunan anggaran ini sangat berperan sekali untuk mengendalikan pengeluaran kebutuhan rumah tangga kita. Ayo sobat resepir, mulai sekarang kita budayakan ya untyk susun anggaran. Tidak hanya disusun loh, tapi juga dilaksanakan ya sobat resepir. Hehehe....
4. Miliki Catatan Pemasukan
Dalam tulisan www.resepirit.com ini, kita memposisikan diri sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan gaji suami. Sehingga bisa kita bayangkan betapa susahnya jika kita tak pandai mengatur pengeluaran kita. belum lagi mikir tentang kebutuhan kesehatan keluarga dan pendidikan anak. Betul tidak sobat resepir?
5. Miliki Catatan Aktivitas Harian
Aktivitas harian ini dimaksudkan adalah supaya kita bisa memilah-milah aktivitas mana yang bisa menguntungkan dan mana yang tidak. Sehingga kita akan tau sejauh mana perbuatan dan kebiasaan kita selama ini. Jangan-jangan hanya habis waktu kita hanya untuk kesia-siaan saja. Manfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang positif, seperti cari penghasilan tambahan, atau menekuni sebuah hobby yang bisa menghasilkan uang, serta mendidik anak menjadi apa yang diinginkan.
6. Miliki Rekap dari Semua Point Di Atas
Point yang terakhir ini sangat membantu kita dalam mengambil sebuah keputusan. Mulai dari point 1 s/d point 5 adalah tahapan kita untuk menjadi lebih baik. Sehingga pada point 6 ini adalah untuk menghasilkan sebuah laporan, kesimpulan dan tindakan berikutnya yang lebih baik lagi.
Itulah sobat resepit yang dapat kami sampaikan via www.resepirit.com ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Lalu bagaimana caranya melakukan aktivitas pencatatan AUDITOR yang baik? Hal ini akan diulas di lain kesempatan pada halaman blog www.resepirit.com yang lain.
Resepirit.com, hidup irit, raih bahagia dengan biaya irit, semua akan indah pada waktunya. Hehehe....
Kesadaran semacam itulah yang perlu ditumbuh kembangkan. Sungguh teramat sayang jika hancurnya rumah tangga hanya karena faktor ekonomi. Apalagi pendapatan pas-pasan tapi managemen keuangan rumah tangga berantakan.
Jadi, berdasarkan pengamatan resepirit.com, hal semacam itu sering terjadi dan menjangkit banyak kehidupan berumah tangga. Tapi sobat resepit jangan menilai sebelah mata tentang hal ini, karena bisa jadi sobat resepit juga adalah korban dari kesalahan managemen keuangan. Jangan salah. Anak kost dan mahasiswa/i juga bisa kena loh dengan kondisi ini.
Yang pasti, hal ini bisa menjangkit semua kalangan dalam berbagai bidang kehidupan. Intinya, managemen keuangan itu harus diatur dan dijaga sedemikian rupa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ya setidaknya meminimalisir resiko KANKER (KANtong KERing).
Lalu bagaimana solusinya untuk menghadapi ini? Berikut adalah bagian kecil dari tindakan AUDITOR SEJATI
Tenang sobat resepit. Resepirit.com tidak akan pelit berbagi soal ini. Simak yuk berikut ini:
1. Miliki Catatan Pengeluaran
Sobat resepit, perlu loh kita membuat catatan pengeluaran kita. Mulai dari kita bangun tidur hingga hendak tidur kembali. Dalam aktivitas sehari-hari, kita pasti membutuhkan uang untuk sebuah aktivitas tertentu. Baik itu aktivitas makan, minum, transport, dan bahkan parkir dan tarif toilet. Dengan adanya pencatatan tersebut, kita akan tau bagian mana yang banyak melakukan pengeluaran. Sehingga bisa ditekan dan diatur penegeluaran tersebut. Yang perlu ditekankan adalah meski kita bukan karyawan, tak ada salahnya kita memiliki catatan ini. PERUSAHAAN ORANG SAJA KITA BUATKAN CATATANNYA SUPAYA TERKONTROL DAN TIDAK RUGI, MASA RUMAH TANGGA KITA TIDAK KITA PERLAKUKAN DEMIKIAN. Aneh kan? Tapi nyata loh sobat resepir. Hehehe.... :D
2. Miliki Daftar Kebutuhan
Selain point 1 di atas, kita juga tak ada salahnya jika membuat daftar kebutuhan kita. Baik untuk jangka waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Hal ini akan sangat mendukung kita dalam menyusun anggaran kita dalam periode tertentu.
3. Miliki Susunan Anggaran
Nah ini dia yang kita tunggu-tunggu. Susunan anggaran ini sangat berperan sekali untuk mengendalikan pengeluaran kebutuhan rumah tangga kita. Ayo sobat resepir, mulai sekarang kita budayakan ya untyk susun anggaran. Tidak hanya disusun loh, tapi juga dilaksanakan ya sobat resepir. Hehehe....
4. Miliki Catatan Pemasukan
Dalam tulisan www.resepirit.com ini, kita memposisikan diri sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan gaji suami. Sehingga bisa kita bayangkan betapa susahnya jika kita tak pandai mengatur pengeluaran kita. belum lagi mikir tentang kebutuhan kesehatan keluarga dan pendidikan anak. Betul tidak sobat resepir?
5. Miliki Catatan Aktivitas Harian
Aktivitas harian ini dimaksudkan adalah supaya kita bisa memilah-milah aktivitas mana yang bisa menguntungkan dan mana yang tidak. Sehingga kita akan tau sejauh mana perbuatan dan kebiasaan kita selama ini. Jangan-jangan hanya habis waktu kita hanya untuk kesia-siaan saja. Manfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang positif, seperti cari penghasilan tambahan, atau menekuni sebuah hobby yang bisa menghasilkan uang, serta mendidik anak menjadi apa yang diinginkan.
6. Miliki Rekap dari Semua Point Di Atas
Point yang terakhir ini sangat membantu kita dalam mengambil sebuah keputusan. Mulai dari point 1 s/d point 5 adalah tahapan kita untuk menjadi lebih baik. Sehingga pada point 6 ini adalah untuk menghasilkan sebuah laporan, kesimpulan dan tindakan berikutnya yang lebih baik lagi.
Itulah sobat resepit yang dapat kami sampaikan via www.resepirit.com ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Lalu bagaimana caranya melakukan aktivitas pencatatan AUDITOR yang baik? Hal ini akan diulas di lain kesempatan pada halaman blog www.resepirit.com yang lain.
Resepirit.com, hidup irit, raih bahagia dengan biaya irit, semua akan indah pada waktunya. Hehehe....
0 Comments
Mari budayakan komentar dengan bijak. I love you